Memperbaiki Karburator
apakah sobat pernah mengalami masalah dalam karburator motor anda? mengkin pasti hal itu pernahkan? Nah dalam kesempatan ini gue ada tips buat sobat untuk mengatasi masalah dalam karburator. Nah Karburator pada sepeda motor adalah salah satu komponen vital. Jika karburator mengalami kerusakan, settingan tidak tepat dan juga sudah mengalami kotor atau berkerak. Maka kecepatan pada kendaraan tersebut akan tidak maksimal dan terganggu. Fungsi dari karburator sendiri yakni mengabutkan bahan bakar dengan udara dan selanjutnya akan di alirkan di ruang pembakaran. Beberapa kasus pada pemilik sepeda motor mengaku bahwa kerap menghadapi masalah walaupun sebelumnya kendaraan mereka dalam keadaan baik.
Keluhan yang kerap terjadi pada karburator yakni pada saat stasioner putaran mesin permenit atau yang sering kali kita sebut dengan RPM tidak setabil. Jadi ketika motor di panaskan atau dalam keadaan diam dan pengendara tidak merik gas makan secara tiba – tiba suara mesin akan keras dan tidak lama kemudian engine akan kembali melemah. dan begitu seterusnya. Lalu bagai manakah cara mengatasinya ? Kami spek engine akan memberikan tips dan triknya di bawah ini :
Mesin tersendat pada saat stasioner
Pada permasalahan di atas terjadi karena, pada campuran bahan bakar dan udara yang berada di venture yakni lubang karburator dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang. Maka terjadilah proses pembakaran tidak sempurna.
Nah, kalau pembakaran sudah tidak sempurna, maka gentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakan motor akan menjadi lemah dan tidak bertenaga. dan akibatnya mesin akan tersendat – sendat dalam istilang bengkel yakni brebet.
Perbaikan :
- Untuk mengatasi permasalahan di atas yakni anda harus putar setelan skrup udara searah jarum jam atau arah menutup. Hal tersebut bermaksud agar memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
- Langkah ke dua yaitu pindahkan posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar.
- Setelah itu anda harus ganti jarum skep atau throttle dengan emnggunakan jarum yang berdiameter lebih kecil. Hal tersebut bermaksud supaya campuran udara dengan bahan bakar di venturi akan di semprotkan ke ruang bakar mesin akan lebih besar.
Mesin mengalami penurunan tenaga atau tenaga menjadi lemah
Permasalahan ini sama persis dengan permasalahan yang pertama di atas, yakni pada campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna seperti ukuran normal yang telah di tentukan oleh pabrikan. Untuk memperbaikinya, anda cukup mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar. Penyebab seperti itu terjadi karena asupan bahan bakar tidak sesuai dengan ketentuan standar pabrik.
Sepeda motor terlalu banyak mengeluarkan asap berwarna hitam
Seperti pada umumnya para mekanik di bengkel – bengkel menyebut masalah tersebut ialah karburator terlalu basah, artinya pada asupan bahan bakar ke lubang venturi terlalu banyak dari tekanan seharusnya. Nah maka dari itu sebaliknya udara yang masuk terlalu sedikit.
- Nah, bagi anda yang motornya sering mengalami permasalahan tersebut anada bisa memperbaikinya dengan melakukan beberapa langkah yaitu :
- putarlah skrup setelan udara keluar atau ke arah melepas, hal ini bermaksud untuk memperkaya udara di venturi
- Gantilah pilot jet ke nomor yang lebih kecil
- Setelah itu gantilah jarum skep dengan jarum yang berukuran lebih besar
Putaran mesin melemah
Kondisi seperti ini bisa terjadi karena bahan bakar yang masuk ke lubang venturi karburator tidak sebanyak dari tekanan yang telah di rancang oleh pabrikan. Maka sebaliknya asupan udara yang menjadi lebih banyak. Cara untuk memperbaikinya anda bisa melakukan dua langkah yaitu :
- langkah pertama anda harus menggantinya dengan menggunakan jarum skep yang berukuran lebih kecil. Hal tersebut agar campuran bahan bakar dan udara akan lebih banyak
- Langkah ke dua yaitu putar skep setelan udara ke arah jarum jam atau mengencangkan sehingga udara yang masuk ke lubang venturi akan di tekan kuat ke arah ruang pembakaran.
Demikianlah tips dari gue sobat semoga tips di atas bermanfaat untuk anda Terimakasih.