Spesifikasi Honda All New CBR 150R
Dalam hal ini OTOMOFERS membahas tentang spesifikasi honda CBR 150R. Nah motor CBR 150R ini menggunakan sasis Truss Diamond Frame dan aluminium engine hanger baru yang dikatakan mampu mengoptimalkan kesimbangan antara tenaga dan fleksibilitas berkendara. Sentralisasi bobot hingga lebih dekat pada pusat gravitasi, serta mengatur posisi duduk Sehingga dalam pengendalian bisa dilakukan dengan lebih baik. Kenyamanan untuk pengemudi juga bertambah dengan perbaikan pada sistem peredam getaran dan tenaga maksimal yang dihasilkan sama dengan mesin lama, 17,1 hp, namun torsinya bertambah 0,7 Nm menjadi 13,7 Nm. Oleh karena itu mesin motor CBR ini lebih baik dalam putaran bawah dan menengah, akselerasi lebih cepat, dan bisa menembus kecepatan maksimal 130 km/jam.
Spesifikasi Honda All New CBR 150R
| |
Dimensi (P x L x T) |
1.983 x 694 x 1.038 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1.311 mm
|
Jarak Terendah Ke Tanah | 166 mm |
Ketinggian Tempat Duduk | 787 mm |
Berat Kosong | 135 kg |
Tipe Rangka | Diamond (Truss) Frame |
Tipe Suspensi Depan | Tipe Suspensi Depan |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Pro-Link) |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17 52P (Tubeless) |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17 62P (Tubeless) |
Tipe Rem Depan | Cakram hidrolik3 |
Tipe Rem Belakang | Cakram Hidrolik |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 13.2 liter |
Tipe Mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup |
Sistem Pendinginan | Liquid Cooled with Auto Fan |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Programmed Fuel Injection (PGM-FI) |
Diameter x Langkah | 57.3 x 57.8 mm |
Volume Langkah | 149.16 cc |
Perbandingan Kompresi | 11.3 : 1 |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.1 |
Tipe Kopling | Wet |
Tipe Transmisi | Manual, 6 kecepatan |
Pola Perpindahan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 |
Starting System | Elektric Starter |
Daya Maksimum | 12.6kW (17.1 PS / 9.000 rpm) |
Torsi Maksimum | 13.7 Nm (1.40 kgf.m / 7.000 rpm) |
Sistem Pengapian | Full Transisterized |
Tipe Baterai/Aki | MF Wet 12V 5Ah |
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |
Tipe | OTR |
---|---|
All New CBR 150R Revolution White | Rp.32,650,000 |
All New CBR 150R Nitro Black | Rp.32,650,000 |
All All New CBR 150R Racing Red | Rp.33,250,000 |
All New CBR 150R MotoGP Racing Edition | Rp.33,450,000 |
Kelebihan Honda CBR150R Terbaru
1. Design total All-out
Kalau BlogOtive bilang design All New Honda CBR150R gak nanggung-nanggung, berbeda dengan versi sebelumnya yang masih hanya mencontoh CBR versi sebelumnya lagi (CBU Thailand). Design CBR150R 2016 ini benar-benar total wis.. sudut-sudut lancip dan dari depan hingga belakang membuat mata melotot mendelengi motor ini, CBR150R yang satu ini juga memiliki dual headlamp, dual layer dan split seat atau jok yang didesign benar-benar berubah. motor ini benar-benar mirip CBR500R sob!
2. Penerangan Full LED, speedo LCD Digital
Kelebihan All New Honda CBR150R 2016 ada di sektor pencahayaan, lampu yang digunakan sudah menggunakan Full Light Emiting Diode (LED) baik head, tail lamp bahkan hingga lampu sein sudah mengaplikasikan lampu model terkini yang dikenal hemat energi namun lebih terang itu.
Untuk speedometer, All New Honda CBR150R juga sudah menggunakan Full Digital berpanel LCD.
3, Mesin baru, powerful dan irit
Honda telah membuat mesin 150cc yang dicangkokan ke sport 150cc miliknya, semuanya berkubikasi 149,16cc namun untuk CBR150R ini memiliki setelan ECU yang memiliki output power terbesar.
Selain powerful, Klaim Honda motor ini mampu melibas 40Km/liter bahan bakar (Euro2), dan menggunakan Euro3 dengan RON yang tinggi seperti Pertamax atau Pertamax Plus bisa mencapai 35 Km/liter-an, dengan konsumsi BBM seperti itu, bisa dikatakan cukup irit untuk motor bermesin 150cc. Kelebihan motor ini sudah memakai Dual Overhead Camshalft (DOHC) dimana kompetior masih pakai Single Cam.
4. Handling
Handling CBR150R 2016 diperbaiki oleh Honda, mereka menyebutnya dengan Total Control dimana memang rasa mengendarai motor ini akan lebih pede dan nyaman dibandingkan dengan versi sebelumnya. Honda membuat titik pusat berada di tengah dengan perbandingan 50:50 yang tentunya motor ini akan memiliki akselerasi yang lebih baik saat digunakan.
5. Lebih Futuristik
Honda sepertinya berusaha untuk memberikan pembeda guna membuat motor ini benar-benar memiliki keunggulan, beberapa fitur disematkan seperti menempatkan bahan Alumunium di sasisnya agar bisa mengurangi getaran atau Radiator (pendingin cairan) yang dibuat Fan khusus yang secara otomatis akan menyala bila mencapai suhu tertentu. Ini menjadi kelebihan CBR150R karena kompetitor belum ada fitur seperti ini.
Kekurangan Honda CBR150R Terbaru
1. Wajib pertamax.
Seperti yang terlihat di spesifikasi mesin diatas nilai perbandingan kompresi Honda CBR150R versi lokal ini 11.0 : 1 yang termasuk termasuk dalam kompresi tinggi, agar performa mesin tidak ngedrop dan tidak bermasalah bahan bakar wajib pertamax, idealnya sih pertamax plus. Sayangnya di spesifikasi atas tidak terlihat berapa nilai torsi Honda CBR150R ini, plus ada keterangan “spesifikasinya bisa berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan”.
2. Berat.
Berat kosong Honda CBR150R lokal ini 143 KG, lumayan berat jika Bro & Sis menuntun menggeser motor ini dalam keadaan mesin mati misalnya di tempat parkir.
3. Spakbor kolong mentok.
Seperti yang pernah dibahas disini spakbor kolong Honda CBR150R akan mentok dengan ban belakang jika ban diganti dengan ukuran yang lebih besar.
4. Desain headlamp.
Desain headlamp disini maksudnya bukan bentuk desain headlamp dual keen eyes ini tidak bagus, namun jika dilihat lurus dari samping di dalam mika headlamp ada semacam rongga berbentuk kurang rata terlihat tembus pandang diantara reflektor dan dudukannya di fairing :
Nah demikian saja sobat untuk pembahasan kali ini otomofers akan kembali dengan topik yang lebih menarik lainnya somoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.
Nah demikian saja sobat untuk pembahasan kali ini otomofers akan kembali dengan topik yang lebih menarik lainnya somoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.