Tips Jitu Mengatasi Mesin Mobil Tidak Mau Hidup


 Mengatasi Mesin Mobil Tidak Mau Hidup
Nah terkadang dalam situasi dimana mesin mobil kita tidak bisa dihidupkan. Pasti sobat merasa panik dan tidak tau hal apa yang harus di lakukan supaya mobil kita hidup dengan stabil, dalam kesepatan ini gue berikan tips menarik buat sobat. 
Jika sobat menemui situasi seperti ini sebaiknya jangan panik, yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang dan berusahalah untuk mencari tahu dan mengatasi masalah yang terjadi. Coba sobat ikuti saja prosedur yang gue uraikan berikut ini.
Jika kondisi mesin Anda sedang bagus, kompresinya bagus, timing pengapian serta klep juga tepat, maka yang diperlukan untuk menghidupkan mesin dengan gampang adalah jumlah campuran bahan bakar dan udara yang tepat serta percikan api dari busi yang cukup. Agar dihasilkan percikan api yang cukup ditentukan oleh kondisi accu, karena dinamo starter memerlukan arus yang sangat besar. Sistem pengapian terkadang tidak mendapatkan cukup energi listrik sehingga sering terjadi dimana mesin yang sulit dihidupkan tiba-tiba saja bisa hidup begitu kunci kontak dikembalikan ke posisi ON, sementara mesinnya masih berputar.


Pada saat mesin mogok atau tidak mau distarter  namun bisa dihidupkan dengan mudah dengan cara didorong, maka hal pertama yang perlu dilakukan pengecekan adalah kedua terminal accu atau kepala accu. Di bagian ini sering terdapat endapan yaitu di bagian dalam konektor kabelnya. Endapan ini harus dibersihkan dengan sikat kawat atau diamplas. Sedangkan kotoran yang terdapat dibagian luar bisa dibersihkan dengan air hangat. Cara tes cepat untuk mengetahui terminal kotor adalah dengan memutar kunci kontak ke posisi start selama lebih kurang 10 detik.Coba Anda sentuh dengan tangan,maka terminal yang kotor akan terasa panas sedangkan terminal yang bersih tidak panas.



Pada kendaraan yang sudah tua, kondisi dinamo starter juga bisa jadi penyebab mesin tidak mau hidup karena starter yang sudah tua akan memiliki tahanan listrik yang cukup tinggi sehingga terlalu menyerap energi listrik yang sangat banyak untuk memutar mesin.



Memancing dengan accu pada mobil lain yang masih sehat untuk menghidupkan mobil yang sakit sekarang menjadi cara yang kurang aman karena sistem komputerisasi pada kebanyakan mobilbaru tidak tahan terhadap lonjakan arus yang mungkin terjadi. Untuk mengatasi hal ini,maka kedua mobil harus diparkir berdekatan tapi tidak boleh bersentuhan.Terminal positif pada kedua accu harus disambung,sedangkan ujung kabel negatif atau kabel massa jangan disambungkan di terminal accu tapi harus disambungkan ke bagian mesin mobil yang mogok dekat dengan dinamo starter.



Setelah semuanya tersambung, mobil donor sekarang bisa dinyalakan dan digas sampai sekitar 2000 rpm sebelum menghidupkan mesin mobil yang akan dipancing. Setelah mobil yang dipancing berhasil dihidupkan, matikan mesin donor tapi biarkan mesin  yang tadinya sulit dihidupkan untuk tetap hidup dan bisa menyalakan semua lampu, fan AC serta penghapus kabut kaca belakang. Setelah  dirasa cukup, lepaskan kabel-kabel yang tersambung dengan urutan terbalik untuk menghindari kelebihan voltase.
Nah demikian saja tips dari gue semoga tips diatas barmanfaat bagi sahabat semua dan terimakasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »